Bash

Mutiara Hari Ini

“Ada empat hal yang bila ada pada seseorang berarti dia adalah munafiq atau siapa yang memiliki empat kebiasaan (tabi’at) berarti itu tabiat munafiq sampai dia meninggalkannya, yaitu jika berbicara dusta, jika berjanji ingkar, jika membuat kesepakatan khiyanat dan jika bertengkar (ada perselisihan) maka dia curang”. (HR. Bukhari).

Script Untuk Menampilkan Akun Email Pengguna Fitur Forward Email Di Zimbra 7

Forward email merupakan fitur yang dimiliki oleh sebuah mail server yang bertujuan untuk meneruskan sebuah email dari sebuah akun ke akun lainnya secara otomatis. Zimbra pun memiliki fitur seperti ini bahkan menurut penulis lebih baik dari mail server-mail server open source yang lain karena pada zimbra, admin dapat memilih apakah email yang diforward tersebut tetap tersimpan di akun tersebut atau tidak. Namun terkadang sys admin sering terlupa dengan fitur ini terlebih jika ada proses instal ulang atau migrasi zimbra. Maka dari itu artikel ini mencoba untuk memberikan kemudahan kepada sys admin untuk menampilkan daftar akun-akun yang melakukan forward email dengan menggunakan bash script. Penulis menggunakan Zimbra 7 dengan Centos 5.6.

Secara default, zimbra sudah memberikan perintah:

zmprov ga user@domain|grep zimbraMailForwardingAddress:
untuk menampilkan sebuah user untuk melihat apakah user tersebut menggunakan fitur forward email atau tidak. Dengan menggunakan perintah tersebut, kita coba untuk membuat skrip sederhana agar menampilkan user-user mana yang menggunakan fitur forward email. Jika ada user yang menggunakan fitur forward email, maka akan ditampakkan hasilnya. Berikut adalah script bashnya:
#!/bin/bash

zmprov -l gaa -v | grep -e zimbraMailDeliveryAddress: -e zimbraMailForwardingAddress: -e zimbraPrefMailForwardingAddress:|sed 's/ //g' > file.out
text="zimbraMailDeliveryAddress"
for i in `cat file.out`
do
palabra=`echo $i|cut -d":" -f1`
if [ $palabra != $text ]
then
echo $account " ---> " $i
else
account=`echo $i|cut -d":" -f2`
fi
done

Masukkan script tersebut dengan masuk sebagai user zimbra kemudian letakkan di folder /tmp serta berikan hak eksekusi. Kemudian coba jalankan script tersebut dan seharusnya jika ada user-user yang menggunakan fitur forward email maka akan ditampilkan beserta dengan akun tujuannya seperti contoh berikut:
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.  ---> zimbraPrefMailForwardingAddress: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. .cc ---> zimbraMailForwardingAddress: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

Referensi:
http://www.zimbra.com/

17 Rajab 1434 H
27 Mei 2013 M

Add comment


Security code
Refresh

Komentar Terakhir

  • Nconf, Aplikasi Untuk Mengatur Nagios

    Dummy.Com 13.09.2014 02:58
    www.catatanlepas.com
    Jailbreaking is really not our own same even as unlocking software package. Operating in some software ...
     
  • Instalasi OpenLDAP+Samba PDC Di Centos 6

    Rizki 08.09.2014 11:23
    tentan LDAP dicentos
    untuk membuka openLDAP di browsernya bagaimana gan ?? mohon bantuannya
     
  • Instalasi OpenLDAP+Samba PDC Di Centos 6

    Super User 08.09.2014 08:42
    Re: hahaha
    Dear Rizki, Saya pernah mencoba menggunakan openldap di windows 7 dan saya tidak mensetting apapun ...

Poling

Apakah artikel-artikel di situs ini bermanfaat untuk anda?

Translate This Website